Saturday, February 4, 2017

10 Stadion Termegah di Indonesia | Part 1

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki stadion sepakbola terbanyak di dunia. Memang jenis olahraga yang satu ini sangat digandrungi oleh seluruh golongan masyarakat kita. Indonesia, saat ini memiliki stadion-stadion kualitas dunia yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan event-event besar kelas dunia. Selain Stadion Utama Gelora Bung Karno, stadion-stadion lainnya pun tak kalah megah. Berikut ini 10 stadion besar dengan desain paling megah yang ada di Indonesia.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

gettyimages.com

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta merupakan stadion paling besar di Indonesia hingga saat ini. Stadion ini mampu menampung 88.083 penonton yang awalnya bahkan mempunyai kapasitas hingga 120.800 jumlah penonton, sebelum direnovasi pada tahun 2007. SUGBK dibangun selama 2 tahun, dan selesai pada tahun 1962, dengan dana pinjaman dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS. Stadion ini menjadi satu-satunya stadion di Indonesia yang dikelilingi oleh gedung pencakar langit, karena terletak di pusat kota jakarta.

2. Stadion Utama Palaran

pictaram.com

Stadion Utama Palaran terletak di Samarinda, Kalimantan Timur. Pembangunan stadion ini menelan dana hingga Rp 800 miliar, dan diresmikan pada tahun 2008. Stadion Utama Palaran mampu menampung hingga 50.000 - 60.000 jumlah penonton. Stadion ini juga merupakan stadion pertama di Indonesia yang memakai kursi di seluruh tempat duduk penonton.

3. Stadion Gelora Bung Tomo

emosijiwaku.com

Stadion Gelora Bung Tomo terletak di Surabaya, Jawa Timur. Stadion ini merupakan bagian dari kompleks Surabaya Sport Center. Stadion Gelora Bung Tomo diresmikan tahun 2010 dan mampu menampung 55.000 jumlah penonton. Stadion ini juga merupakan salah satu stadion kelas dunia di Indonesia yang layak untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Dibangun dengan dana Rp 440 miliar, desain stadion ini sangat megah dan menjulang tinggi, hanya sayang letaknya yang dikelilingi oleh tambak mengurangi kecantikan stadion ini.

0 komentar:

Post a Comment